Sebelum manusia
membuat kemasan, alam sendiri telah menyajikan kemasan, seperti misalnya jagung
yang dibungkus seludang, buah-buahan terbungkus kulitnya, buah kelapa yang
terlindung baik dengan sabut dan tempurung, polong-polongan terbungkus kulit
polong. Tidak hanya bahan pangan, kosmetika dan barang industri lainnya, bahkan
manusiapun menggunakan kemasan sebagai pelindung tubuhnya dari gangguan cuaca,
serta supaya tampak lebih anggun dan menarik (Syarief, Santausa, dan Isyana,
1989). Berdasarkan adanya kebutuhan akan kemasan maka Bintoro.co.id
selalu berusaha memberikan rekomendasi desain terbaik bagi klien-kliennya dan
selalu mengutamakan kepuasan klien dalam setiap layanan yang diberikan.
Kemasan
yang eye-catching diperlukan untuk menarik konsumen agar melirik
produk Anda. Apalagi jika Anda membidik pasar anak-anak dan remaja. Menurut syarief dkk. (1989) menerangkan bahwa bahan kemas baik bahan logam, maupun bahan lain seperti bermacam-macam plastik, gelas, kertas dan karton seyogyanya mempunyai 6 fungsi utama berikut ini:
a) Menjaga produk bahan
pangan tetap bersih dan merupakan pelindung terhadap kotoran dan kontaminasi
lain.
b) Melindungi makanan
terhadap kerusakan fisik, perubahan kadar air, dan penyinaran (cahaya).
c) Mempunyai fungsi yang
baik, efisien, dan ekonomis khususnya selama proses penempatan makanan ke dalam
wadah kemasan.
d) Mempunyai kemudahan dalam
membuka atau menutup dan juga memudahkan dalam tahap-tahap penanganan,
pengangkutan, dan distribusi.
e) Mempunyai ukuran, bentuk,
dan bobot yang sesuai dengan norma atau standar yang ada, mudah dibuang, dan
mudah dibentuk atau dicetak.
f) Menampakkan identifikasi,
informasi, dan penampilan yang jelas agar dapat membantu promosi atau
penjualan.
Fungsi kemasan
adalah untuk melindungi, mengamankan produk tertentu yang berada didalamnya
agar lebih rapi dan bersih, sehingga produk yang berada didalamnya mempunyai
nilai tambah. Selain itu fungsi dari kemasan adalah untuk menjaga suatu produk
agar mempunyai nilai lebih, misalnya lebih rapi, lebih bersih, lebih mudah
dibawa, lebih bagus, lebih mempunyai citra, lebih awet, lebih tahan lama dan
lebih meningkatkan harga dari suatu produk tersebut. Salah satu manfaat dari
kemasan adalah sebagai Branding atau pencitraan suatu merek dari produk dan
perusahaan, selain sebagai Sarana Promosi, Kemasan juga bentuk dari
Profesionalitas suatu merek atau Perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut.
Untuk penjelasan lebih lanjut dapat di lihat disini https://id.wikipedia.org/wiki/Kemasan
Berikut adalah beberapa contoh desain kemasan unik:
Sumber:http://cdn.trendhunterstatic.com/thumbs/coffeeconcepts.jpeg
Sumber: http://www.glorioustreats.com/wp-content/uploads/2012/08/Teacher-Cookie-Packaging.jpg
Cantik bukan?. Desain kemasan yang cantik tentunya dibutuhkan untuk mempresentasikan produk Anda agar lebih menarik tanpa melupakan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen dalam desain tersebut.
Bintoro.co.id akan selalu siap melayani jasa desain kemasan yang menarik sehingga akan menambah nilai jual suatu produk & meningkatkan kepercayaan konsumen akan kualitas produk dalam kemasan tersebut. Untuk itu Bintoro.co.id akan mendengarkan Anda lebih banyak agar desain kemasan yang baik bisa tercipta sesuai harapan Anda
Berikut adalah tutorial membuat kemasan untuk menambah wawasan Anda
Cantik bukan?. Desain kemasan yang cantik tentunya dibutuhkan untuk mempresentasikan produk Anda agar lebih menarik tanpa melupakan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen dalam desain tersebut.
Bintoro.co.id akan selalu siap melayani jasa desain kemasan yang menarik sehingga akan menambah nilai jual suatu produk & meningkatkan kepercayaan konsumen akan kualitas produk dalam kemasan tersebut. Untuk itu Bintoro.co.id akan mendengarkan Anda lebih banyak agar desain kemasan yang baik bisa tercipta sesuai harapan Anda
Berikut adalah tutorial membuat kemasan untuk menambah wawasan Anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar